Mengubah Putus Asa Menjadi Kekuatan yang Super Dahsyat

7 Apr 2009

Anda pernah merasakan putus asa?
Hampir setiap orang pernah merasakan putus asa. Suatu keadaan dimana kita berada dalam suatu jalan buntu yang sama sekali tak ada cahaya. Gelap dan kelam itu yang kita rasakan. Kita bagai terdampar di sebuah goa kecil di tengah hutan tanpa ada teman, tanpa ada petunjuk. Goa yang gelap dan kelam yang seolah-olah menggambarkan keadaan hati kita. Tak ada sedikitpun cahaya yang kita lihat meski kenyataannya ada. Tak ada teman yang mengajak kita bicara meski kenyataannya kita sedang bersama-sama dengan mereka. Semua hanya ada gelap dan kelam. Pikiran kita benar-benar tak mampu lagi berpikir dengan jernih. Semua telah sampai pada titik kulminasi.

Berapa banyak orang yang memilih mengakhiri hidupnya hanya karena putus asa. Mereka mengira dengan bunuh diri, mereka akan menemukan sebuah kehidupan baru yang penuh dengan harapan. Bunuh Diri adalah tindakan paling bodoh dari seorang manusia yang sedang putus asa. Bunuh Diri justru membawa kepada penderitaan panjang yang tak akan pernah ada akhirnya. Mengapa?

1. Dengan bunuh diri maka Anda telah mendapatkan tiket gratis menjadi penduduk neraka untuk selama-lamanya. Anda tidak akan pernah mengecam yang namanya nikmat surga. Jika mungkin Anda melakukan banyak dosa selain dosa syirik mungkin Anda hanya dikatakan mampir ke dalam neraka untuk selanjutnya bisa melanjutkan perjalanan ke surga namun dengan bunuh diri berarti Anda akan menjadi penghuni neraka yang kekal di dalamnya untuk selama-lamanya.
1. Dengan bunuh diri berarti Anda telah menganiaya diri Anda sendiri. Diri yang sudah teraniaya oleh keadaan namun justru Anda aniaya lagi.
1. Dengan bunuh diri berarti Anda telah mengecewakan orang tua dan keluarga Anda. Mungkin orang tua Anda sudah kecewa dengan Anda namun dengan bunuh diri Anda maka bukan lagi kekecewaan yang Anda berikan kepada mereka melainkan penderitaan.
1. Dengan bunuh diri Anda telah membuktikan kepada dunia bahwa Anda tak layak disebut sebagai manusia. Seorang manusia adalah seorang pejuang sejati. Hari ini berjuang begitu juga dengan hari esok. Tak ada kata menyerah.

Putus Asa adalah Aset yang Sangat Berharga Hanya Jika Anda Tahu
Berada dalam keputusasaan berari kita berada dalam keadaan dimana kita sama sekali tidak lagi merasa takut akan segala sesuatu. Bahkan terhadap kematian sekali pun. Jika kematian saja sudah tidak lagi ditakuti lantas apalagi yang harus ditakuti. Inilah Kuncinya!

Rasa tak takut terhadap segala sesuatu bahkan kematian sekalipun adalah sebuah semangat yang luar biasa dan motivasi yang paling hebat. Jika kematian saja tak menjadikan takut apalagi takut-takut yang lain tentu dengan mudahnya dilibas seperti takut mengambil resiko, takut gagal, takut rugi, takut mengecewakan, takut kalah, dan takut-takut yang tak beralasan.

Tanpa ada rasa takut, maka kita dapat dengan mudah menjadi apapun yang kita inginkan. Anda bisa memulai usaha tanpa perlu takut rugi atau takut gagal, Anda bisa mencari pacar lagi tanpa harus takut disakiti lagi, Anda bisa menjadi apapun.

Saya akan ambilkan contoh.
Indah baru saja melangsungkan pernikahan. Beberapa bulan kemudian ia telah mengandung. Tapi baru disadarinya ternyata suaminya tak seperti yang ia harapkan. Semua baru terlihat sang suami sama sekali tak pernah perhatian terhadap dirinya. Ia sering pulang larut malam dan menghabiskan waktunya bersama teman-temannya. Bahkan suami Indah tak pernah memberikan nafkah kepada Indah sejak ia menikah. Justru Indah yang bekerja dan si suami malah meminta gaji Indah terus-menerus. Jika Indah melawan maka sang suami dengan refleks melayangkan bogem mentah ke wajah Indah. Berbulan-bulan hidup dalam kondisi seperti itu, Indah merasa sudah tak sanggup lagi. Ia benar-benar putus asa. Ia malu terhadap orang tuanya karena ia telah salah dalam memilih suami. Ia juga tak berani bercerita semua itu kepada keluarganya karena takut dihajar suaminya. Dalam keputusasaan itu, terbesit di pikiran Indah untuk mengakhiri hidup.

Keputusasaan Indah di atas seharusnya bisa dimanage sedemikian rupa hingga menjadikan semangat yang luar biasa untuk bangkit dan mengubah hidupnya. Dari pada berpikiran untuk bunuh diri, ia bisa menggunakan semangat yang berasal dari keputusasaannya itu untuk memulai lembaran baru dalam kehidupannya. Mengapa ia harus takut kepada suaminya jika ternyata kematian saja tidak ia takuti. Ironis bukan seharusnya kematian yang lebih ia takuti dari pada suaminya. Nah jika kematian saja sudah tidak lagi ditakuti, maka harusnya tak ada lagi yang perlu ditakuti apalagi cuma suami. Dengan semangat tanpa mengenal takutnya, Indah bisa menggugat cerai sang suami lantas menapaki kehidupan barunya. Ia tak akan takut sendiri mengurusi anaknya karena dengan semangatnya yang luar biasa semua itu bukan lagi menjadi hambatan. Jika memungkinkan Indah bisa mencari suami lagi yang bisa lebih bertanggung jawab.


TAGS


-

Author

Follow Me